Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)

Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)

Surabaya – Kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang dilaksanakan di Aula Kantor Balai Harta Peninggalan (BHP) Surabaya dihadiri oleh seluruh pegawai dan tenaga kontrak yang ada di BHP Surabaya. Sosialisasi dengan tema “Mewujudkan Tata Kelola Kearsipan yang PASTI  pada Kantor Balai Harta Peninggalan Surabaya” dihadiri oleh Kepala Bagian Humas dan TU Ditjen AHU Sucipto dan Kasubbag Perjalan Dinas dan Persuratan, Mutia Fitri, serta fungsional umum dari Ditjen AHU. Acara dibuka oleh Ketua BHP Surabaya, Dulyono. Dalam pembukaannya, Ia menyampaikan kantor BHP Surabaya sudah bersinergi untuk mendata dan digitalisasi arsip. Arsip mempunyai sifat yang sangat penting. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi BHP Surabaya. “Saya berharap semua yang hadir bisa mengambil manfaat dari sosialisasi ini. Selain itu dengan adanya sosialisasi tentang sistem informasi kearsipan dinamis ini, akan menambah informasi positif untuk semuanya,” ungkapnya. (17/02)

Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha, Sucipto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan di seluruh BHP yang ada di Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh BHP yang ada di Indonesia dapat menerapkan sistem informasi kearsipan secara dinamis serta dapat bekerja secara PASTI.

“Dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggraan pemerintahan yang baik dan bersih, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, penyelenggaraan tata pemerintahan, harus dikelola secara efektif, efisien dan transparan.  Penyelenggaraan pemerintahan tersebut tidak terlepas dari yang dinamakan dengan kearsipan menurut Undang-undang no.43 tahun 2009 tentang kearsipan,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Tatiek Herawaty selaku Kasubbag  Pengelolaan Kearsipan Dinamis, Biro Umum Sekretariat Jenderal yang memaparkan tentang Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Dalam paparannya Ia menjelaskan Sistem Pengolahan Arsip berbasis Teknologi Informasi atau dikenal dengan SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi/Lembaga. Aplikasi ini adalah web based applocation dan bersifat multi user. Selain itu dijelaskan juga mengenai proses pengelolaan arsip, fitur-fitur SIKD, kelompok pengguna aplikasi SIKD, dan kewenangan kelompok pengguna aplikasi SIKD.

Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) diharapkan dapat menjawab pertanyaan yang ada seputar arsip. Selain itu dapat menjadikan Arsip yang ada di seluruh lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sebagai sarana informasi dalam mendukung Pembangunan Nasional di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia. (Humas Ditjen AHU)

sumber: http://portal.ahu.go.id/id/detail/75-berita-lainnya/1482-sosialisasi-sistem-informasi-kearsipan-dinamis-sikd